TriTuRa

Tahu tidak kalau hari ini tanggal 10 Januari adalah hari lahirnya Tritura?

Tri Tuntutan Rakyat (atau biasa disingkat Tritura) adalah tiga tuntutan kepada pemerintah yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), dan didukung penuh oleh Angkatan Bersenjata. Tiga tuntutan tersebut didasarkan oleh kondisi negara waktu itu. Memasuki akhir 1965, keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama BBM.

Isi Tritura ditahun 1966 adalah:

1. Bubarkan PKI
2. Perombakan kabinet
3. Turunkan harga

Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September).  Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu.

Kemudian di tahun 1998 Tritura versi kedua muncul seiring munculnya Gerakan Reformasi. Aksi Tritura versi kedua ini timbul sebagai reaksi terhadap keadaan politik, sosial, ekonomi di masyarakat dan pemerintahan waktu itu, yang telah mengarah kepada kehancuran dan konflik diantara para elite politik yang berkuasa dalam pemerintahan. Timbul kecemasan di kalangan rakyat di seluruh Tanah Air terhadap kelangsungan hidup Negara. KAMI terpanggil untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dengan melakukan demonstrasi [kembali].

Isi Tritura di tahun 1998 adalah :

1. Turunkan HarGa (SoeHARto & keluarGA)
2. Turunkan harga
3. Reformasi kabinet (?)

Nah, kita sebagai rakyat [ baca blogger] punya Tritura lain lagi, yaitu :

1. Turunkan harga komputer dan laptop
2. Turunkan/ samakan harga koneksi internet [warnet]
3. Perbanyak area hot spot.

Hayo, Tritura versi teman-teman yang lain apa?

materi referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Tritura

About these ads
  1. Januari 10, 2009 pukul 1:26 am

    beh, nu masi inget ken tritura, sip sip :-D

  2. thevemo™
    Januari 10, 2009 pukul 3:04 am

    Tambah ya..naikan kapasitas bandwidth…jadi 10Mbps

  3. Januari 10, 2009 pukul 3:26 am

    saya ngikut aja deh..saya suka yang turun turun….

  4. Januari 10, 2009 pukul 3:56 am

    hanya meninggalkan jejak..

  5. Januari 10, 2009 pukul 4:13 am

    casual cutie belajar tritura wkt SD dulu, kalo ga baca ne postingan casual cutie lupa. he he he..

  6. Januari 10, 2009 pukul 5:11 am

    hollaaa mampir nich and salam kenal. Huaaa sayah setuju ama tritura para blogger!!!

  7. Januari 10, 2009 pukul 5:12 am

    Waha.. Saya tdk tahu kalo’ hari ini hari lahirnya Tritura.
    Tapi, Tritura versi blogger punyanya kamu kuereen.. ;)
    Hehehe..

  8. Januari 10, 2009 pukul 5:41 am

    versi saya apa ya?

  9. Januari 10, 2009 pukul 5:51 am

    loh kalo Trikora apa ya?

  10. Januari 10, 2009 pukul 5:59 am

    @ yudi : sip… :)

    @ thevemo : iya itu ju bisa…

    @ boyin : wah… ati2 klo turun… :D

    @ uki21 : jejak langkah mu…

    @ casual cutie : waktu SD? lawas…

    @ quinie : semua setuju?

    @ HeLL-dA : jd inget sejarah kan… :)

    @ Taktiku : hayo apa?

    @ jimmy : Trikora = Tri Komando rakya… betul tidak?

  11. Januari 10, 2009 pukul 6:10 am

    1. Murahkan harga layanan internet!
    2. Murahkan harga layanan internet!
    3. Murahkan harga layanan internet!

  12. Januari 10, 2009 pukul 6:13 am

    @ Ongki : itu satu jd tiga…ha5… :D

  13. fortune
    Januari 10, 2009 pukul 6:52 am

    Setengah-setengah amat, nuntutnya Turunkan/ samakan harga koneksi internet… Sekalian aja Nuntut Gratis Biaya Internetan dimana saja! Cayo!!! (Ngarep)

  14. Januari 10, 2009 pukul 6:53 am

    wis… aku ikut aja, mo dibikinin spaduk atau pake people power :D

  15. Januari 10, 2009 pukul 7:35 am

    @ fortune : kasihan yg punya warnet klo gratis… hi5…

    @ namakuananda : pake people power wis… ho5…

  16. Januari 10, 2009 pukul 10:55 am

    turunkan harga pulsa….karna saya pake modem henpon…
    heheheheheh

  17. Januari 10, 2009 pukul 2:14 pm

    Hihi…
    betul banget tuh Tritura-nya blogger.. ^^

  18. Januari 11, 2009 pukul 2:19 pm

    wahhh selamat hari tri tura mas nono..

  19. Januari 12, 2009 pukul 6:55 am

    rasakan bedanya disaat aku cuman mampir 10 menit dan membaca postinganmu, tapi semua itu untuk menamba kebersamaan sesama blogger kawan :)

  20. Januari 12, 2009 pukul 7:37 am

    @ galih : hahaha… turunkan harga? tar kita tuntut di hari lahirnya provider jaringan telekomunikasi yah… :D

    @ Online4ever : he5…

    @ info resep : selamat juga… :D

    @ tukyman : kebersamaan adalah suatu anugrah, tanpa kebersamaan kita tidak bisa apa2… :)

  21. Januari 12, 2009 pukul 9:25 am

    pelajaran jaman sekulah dulu neeh..

    setujuuuuuuuuuu d9 tritura blo9er no..:)

  22. ammadis
    Januari 12, 2009 pukul 10:21 am

    Waaah…ngikut aja…internet gratisan tuu yg jd tuntutan…SETUJUUU…!

  23. Januari 12, 2009 pukul 10:23 am

    sahabat….met sore
    salam hangat selalu

  24. Januari 12, 2009 pukul 4:39 pm

    turunkan celanamu
    turunkan cerlanaku
    turunkan emosi kita
    kita kan menyyatu dalam CINTA?

  25. Januari 19, 2009 pukul 8:30 am

    1. naikkan benwit
    2.naikkan jumlah BTS
    3.naikkan ke puncak gunung tinggi tinggi sekali
    *halah*

    kalo dulu kan trend nya turunkan
    sekarang kita bikin naikkan

  26. eryana G M
    Maret 5, 2010 pukul 10:30 am

    ya…….KLo gitu warnet gratisan ja Kan enak Tuh
    duit GaK kurang Jadi ga Boke Hahahaha…….

  27. mahmudah
    Maret 17, 2010 pukul 7:55 am

    tritura udah ada trikora juga ada tapi dwikora kok g nyambung.

  28. antonio
    Januari 10, 2011 pukul 10:43 am

    turunkan harga apa saja…………… :)

  29. Blazer...
    Januari 10, 2011 pukul 10:45 am

    Terutama warnet……………… :|]

  30. Januari 10, 2011 pukul 10:46 am

    :D 3:)

  31. noname
    Maret 20, 2011 pukul 2:16 am

    Otak lu pada turun

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: