Beranda > Kesehatan > Musik Bising Bikin Anda Cepat Mabuk

Musik Bising Bikin Anda Cepat Mabuk

DENTUMAN musik di bar atau diskotik bukan saja membuat Anda larut dalam suasana yang menghibur. Kerasnya volume suara musik yang diputar juga dapat merangsang kecepatan Anda dalam minum Alkohol.

Bagi yang sering nongkrong di bar atau diskotik, fakta ini mungkin bukanlah hal yang baru. Tetapi sebuah penelitian ilmiah di Prancis menunjukkan, bertambah besarnya volume musik dapat memicu dan meningkatkan kecepatan seseorang menenggak bir atau minuman beralkohol lainnya.

Musik yang gaduh atau bising berkorelasi dengan peningkatan konsumsi alkohol dan memperpendek waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mengosongkan gelasnya.

Musik berirama cepat dapat merangsang kecepatan minum. Ada atau tidak adanya musik juga menyebabkan seseorang lebih banyak menghabiskan waktunya di suatu bar

Peneliti lalu memilih secara acak pria yang memesan bir di bar yang diobservasi tersebut dan memutar musik pada level kebisingan tertentu. Setelah masing-masing partisipan meninggalkan bar, level kebisingan kembali dimanipulasi dan pemilihan peminum secara acak pun kembali dilakukan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada korelasi antara musik bising dengan kecenderungan pengunjung bar untuk mabuk dan menenggak minumannya lebih cepat lagi. Ketika musik yang diputar volumenya keras, pengunjung bar memesan rata-rata 3,4 minuman dan membutuhkan waktu kurang dari 11,5 menit untuk menenggak segelas bir. Sedangkan ketika musik diputar dengan tingkat kebisingan normal, pengunjung memesan rata-rata 2,6 gelas dan membutuhkan waktu 14,5 menit untuk menghabiskan satu gelas minuman.

Peneliti menyatakan ada dua hal yang dapat menjelaskan hubungan antara kebiasaan minum alkohol dan musik yang bising. Satu, dalam kesepakatan dengan riset sebelumnya tentang musik, makanan dan minuman , tinggnya level suara dapat meningkatkan ransangan menjadi lebih tinggi, yang berujung pada keinginan meminum lebih cepat dan memesan banyak minuman.

Kedua, musik yang bising mungkin akan memiliki efek negatif terhadap interaksi sosial di bar, sehingga pengunjung bar minum lebih banyak karena sedikit berbicara.

Sumber : AC/WebMD

Kategori:Kesehatan
  1. September 17, 2014 pukul 6:34 pm

    What a data of un-ambiguity and preserveness of precious
    experience regarding unpredicted emotions.

  2. Oktober 5, 2014 pukul 12:06 am

    I relish, result in I discovered exactly what I was
    looking for. You have ended my 4 day lengthy hunt!
    God Bless you man. Have a great day. Bye

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: