Beranda > Lifestyle, Menulis, Musik > Bedebat, Jangan Asal Bersilat Lidah

Bedebat, Jangan Asal Bersilat Lidah

BERDEBAT adalah cara yang sering dipakai manusia modern untuk mempertahankan argumennya, argumen bukan selalu berarti kebenaran. Kebenarannya akan didapatkan bila dalam perdebatan diakui kebenarannya, walaupun bukan sesuatu yang benar tetapi sesuatu yang diakui benar.

silat-lidahsumber foto : disini

Kepandaian dalam berdebat dikuasai oleh manusia yang maju dalam ilmu berdebat, bukan mereka yang berilmu tinggi melainkan mereka yang pandai berdebat. Dunia akan tergantung kepada mereka, tetapi apa aturan yang dipakai secara resmi belum ada. Pelajaran berdebat juga tidak resmi, sedangkan di negara barat mulai dari SD sudah belajar berdebat dan berargumen disekolah.

Manfaat dari berdebat adalah untuk mencari tahu letak atau akar suatu permasalahan sehingga kita bisa mendapat jalan keluar yang baik, tentunya tidak aturan yang paten dalam perdebatan namun sebagai manusia, kita harus saling menghargai pendapat orang lain.

Selain itu berdebat bermanfaat untuk menyepakati secara bersama sebuah pendapat tentang sesuatu, tidak ada aturan resminya debat, tapi Debat dlm pengertian bangsa kita agak merembet ke arah negatif jadi kita lebih mengenal Musyawarah untuk mencapai Mufakat.

Seperti Lagu Silat Lidah dari The Changcuters

Ngomongnya kemana
Tahunya dimana
Itu alasan belaka

Ngomongnya apa
Faktanya mana
Itu hanya tipu daya

Alasan…
Alasan…
Pandai kau bersilat lidah!!

Alasan…
Alasan…
Pandai kau bersilat lidah!!

Semua kau lakukan
Semua kau katakan
Tapi ku tak percaya

Ngomong itu ini
Bohong sana sini
Itu alasan belaka

Alasan…
Alasan…
Pandai kau bersilat lidah!!

Alasan…
Alasan…
Pandai kau bersilat lidah!!

Hey, kamu orang jangan suka berdusta
(itu berdosa!! Itu berdosa!!)
Lebih baik jujur apa adanya…

Download lagunya


  1. November 12, 2008 pukul 5:32 am

    jad! in9et masa putih abu2,daku pal!n9 ditakutin neeh ma temen2 klu pas berdebat,selalu hat!2 sualna selalu daku knock out hehhe…

    tapi sekaran9 nda kok,nda suka berdebat la9e tt9 masalah2,lebih santai..

  2. November 12, 2008 pukul 5:46 am

    eh pas lagunya didengarin, eh kasih komentar masalah lagu ini ..
    pas bangat nih

  3. November 12, 2008 pukul 5:53 am

    hehehe
    dalam forum berdebat boleh, bersitegang boleh, berbeda pendapat boleh, namun setelah keluar dari ruang forum berjabatangan dan tidak ada persoalan pribadi

  4. November 12, 2008 pukul 8:57 am

    kalo debat kusir?

  5. November 12, 2008 pukul 2:34 pm

    kalo saya sangat benci berdebat…
    mendingan langsung gibas aja…. heheh

    salam kenal makasih udah mampir ke rumah saya

  6. November 12, 2008 pukul 10:18 pm

    debat si ok2 ajaah yaah..selama ga debat kusir, yang sekedar mempertahankan pendapat ga mo liat n dengerin pendapat orang laen…

  7. November 12, 2008 pukul 11:25 pm

    saya suka lihat orang berdebat tapi saya tidak suka berdebat😀

  8. ick
    November 13, 2008 pukul 12:40 am

    mending mana silat lidah atau debat kusir?

  9. November 13, 2008 pukul 1:43 am

    Memang benar apa yang dikatakan the changcuters…..

    Ngomongnya kemana taunya dimana…..

    Salam kenal dari Gubug Mayaku

  10. November 13, 2008 pukul 2:03 am

    @ wi3nd : yukz…nyantai aja…:)

    @ dikma : sdh jodoh yah sama lagu ini…😀

    @ Artha : nah, itu baru sportivitas…:)

    @ isnuansa : lebih parah tuh…

    @ yakhanu : eitz…jgn maen gibas bang…piss🙂

    @ audy : musti seimbang yah…

    @ jimmy : nonton aja kale…:)

    @ ick : tergantung yg disana…wakakakak…

    @ Muhammad Surya Ikhsanudin : perlu kita diresapi? yakz… salam kenal juga…🙂

  11. November 13, 2008 pukul 5:30 am

    salam kenal brow..ditunggu kunjungannnya…awas kalau enggak..

  12. November 13, 2008 pukul 11:16 am

    berdebat kebanyakan sih nyari benernya sendiri dan sulit rasanya menemukan jalan keluarnya. Lbh baik sblm berdebat hrs ada komitmen dulu salah satunya mencari persamaan persepsi biar sejalan. Barangkali gitu ya :d

  13. November 13, 2008 pukul 10:50 pm

    boleh – boleh saja asal masih kewajaran dech
    http://asephd.co.cc

  14. Alex
    November 14, 2008 pukul 5:51 am

    berdebat buat mencari kebenaran itu baik, tapi jangan berdebat kusir yang berujung pada permusuhan……ini ngeri..

    thanks ya udah sering maen ke blogku
    sy link ya mas

  15. November 14, 2008 pukul 6:00 am

    berdebat emang seharusnya tidak untuk menjatuhkan

  16. November 14, 2008 pukul 6:11 am

    kalo lidah ketemu lidah
    namanya silat lidah nggak ya?

  17. November 14, 2008 pukul 6:13 am

    selama memakai aturan etika, juga tetap dalam kerangka mencari kebenaran, dlm bbrp hal berdebat juga dapat berguna utk mengasah kecerdasan🙂
    salam kenal

  18. November 14, 2008 pukul 7:41 am

    @ abenk guevara : weleh,,,ngancam nih…sip, ditunggu kunjungan dari saya…🙂

    @ norjik : ga jd berdebat dong klo gitu🙂

    @ kaka : kewajaran dalam skala apa?

    @ Alex : waduh, jgn sampai ada permusuhan… makasi jg, sudah tukar link…🙂

    @ Panda : meluruskan pandangan yg berbeda…

    @ suwung : lidah ketemu lidah? auk ah gelap…

    @ Kang Nur : itulah yg harus diperjuangkan… salam kenal juga…🙂

  19. Agustus 19, 2011 pukul 1:42 pm

    hehehe……………
    dalam forum berdebat boleh, bersitegang boleh, berbeda pendapat boleh, namun setelah keluar dari ruang forum berjabatangan dan tidak ada persoalan pribadi………………

  1. Juli 10, 2016 pukul 6:20 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: